MAKALAH PASAR MONOPOLI
MAKALAH
PASAR
MONOPOLI
Dosen Pengampu:
Joko Septaryono, SE.,M.Pd
Disusun oleh
kelompok:
1.
Abd. Aziz
2.
Hidayatus Sofiyah
3.
Farihah
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PGRI
BANGKALAN
PEDIDIKAN
EKONOMI
KATA PENGANTAR
Segala puji
bagi Allah SWT berkat rahmat-Nya kami di berikan kesehatan untuk mengyelesaikan
tugas-tugas perkuliahan. Dan berkat ridho-Nya pula kami diberi kekuatan untuk
membuat makalah yang berjudul “Pasar
Monopoli” dalam rangka memenuhi
tugas mata kuliah Ekonomi Mikro.
Karena kami masih dalam tahap
pembelajaran, tentunya kami secara sadar mengakui masih banyak kekurangan,
untuk itu kami mohon kritik dan sarannya untuk membangun kesempurnaan makalah
ini. Dan dalam hal ini kami memohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan
makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin.
Bangkalan, 27 September 2016
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Dewasa ini, banyak dari kita yang
tidak bisa mendefinisikan pasar monopoli. Kegiatan monopoli sendiri terkadang
kita jumpai di suatu negara. Di suatu negara ada juga yang menerapkan kegitan
monopoli di dalam suatu pasar. Kegiatan tersebut juga sangat berpengaruh
pada perekonomiandi suatu negara. Maka dari itu sebelum menginjak lebih jauh kegiatan
monopoli ini kita lebih baik menganalisa kegitan monopoli di dalam
makalah ini.
Dengan pembuatan
makalah ini diharapkan kita dapat mengetahui pengertian dan ciri-ciri pasar
monopoli. Kita juga dapat mengetahui sistem pasar di negara kita. Selain itu,
kita dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan pasar monopoli.
B. Rumusan masalah
a.
Apa
pengertian pasar monopoli?
b. Apa ciri-ciri dari pasar monopoli?
- Apa faktor-faktor yang menimbulkan pasar
monopoli?
- Bagaimana mengetahui kebijakan pemerintah dalam ekonomi
alamiah?
- Bagaimana mengetahui kelebihan dan kelemahan
pasar monopoli?
- Bagaimana mengetahui ketiadaan kurva penawaran?
C. Tujuan dan manfaat
- Dapat memahami tentang pasar monopoli.
- Mengetahui ciri-ciri pasar monopoli.
- Mengetahui faktor yang menimbulkan monopoli.
- Mengetahui cara atau aturan kebijakan pemerintah
dalam ekonomi alamiah.
- Mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pasar
monopoli.
- Mengetahui penyebab ketiadaan kurva penawaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN PASAR
MONOPOLI
Pasar monopoli (berasal dari bahasa
Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya
terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah
seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Sebagai penentu
harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga
dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit
barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula
sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam
penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda
pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti)
produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap (black market).
Konsep Pasar Monopoli, pasar monopoli timbul akibat adanya praktek
monopoli, yaitu pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu pelaku usaha/penjual yang
mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan jasa tertentu
sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan
kepentingan umum.
Berarti
yang dimaksud dengan pasar monopoli adalah suatu bentuk hubungan antara
permintaan dan penawaran yang dikuasai oleh satu pelaku ekonomi terhadap permintaan
seluruh konsumen. Di dalam pasal 1 angka 1 UU Antimonopoli, monopoli
didefinisikan suatu penguasaan atas produksi dan/atau pemasaran barang dan/atau
atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok usaha.
Walaupun
di pasar monopoli penjual tidak memiliki saingan, belum tentu ia dapat
memperoleh keuntungan yang besar, hal ini mungkin saja terjadi bila biaya
produksi berada di atas harga pasar.
Sehingga
kurva permintaan yang ada di monopoli sama dengan kurva permintaan pasar. Di mana
pada kurva permintaan pasar, kurva penerimaan rata-rata (AR) dan kurva
penerimaan marginal (MR) dapat ditentukan. Bagi perusahaan monopolis, kurva
penerimaan marginal (MR) lebih rendah dari harga, karena penjual harus
menurunkan harga dengan tujuan barangnya dapat terjual.
B. CIRI PASAR
MONOPOLI
1. Pasar
Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan
Sifat ini
sudah secara jelas dilihat dari definisi monopoli diatas, yaitu hanya ada satu
saja perusahaan dalam industri tersebut. Barang atau jasa yang dihasilkan tidak
dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau
mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan
monopoli tersebut.
2. Tidak
Mempunyai Barang Pengganti yang Mirip
Barang yang
dihasilkan perusahaan tidak monopoli tidak dapat digantikan oleh barang lain
yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang
seperti itu dan tidak terdapat barang mirip (close
substitue) yang dapat menggantikan barang tersebut.
3. Tidak
Terdapat Kemungkinan untuk Masuk Kedalam Industri
Sifat ini
merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan
monopoli. Adanya hambatan kemasukan yang tangguh menghindarkan berlakunya
keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan dalam pasar
monopoli.
Ada yang
bersifat legal yaitu dibatasi dengan undang-undang. Ada yang bersifat teknologi
yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh. Dan ada pula yang
bersifat keuangan yaitu modal yang diperlukan sangat besar.
4. Dapat
Mempengaruhi Penentuan Harga
Karena
perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual didalam pasar maka,
perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian keatas produksi dan jumlah
barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat
yang dikehendakinya.
5. Promosi
Iklan Kurang Diperlukan
Karena
perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan didalam industri, ia tidak
perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun
perusahaan monopoli sering membuat iklan. Iklan tersebut bukalah bertujuan
untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
6. Harga yang berlaku ditentukan oleh perusahaan
dominan.
Karena tidak memilki pesaing dan hanya menjadi
satu-satunya pilihan bagi konsumen untuk membeli produk tersebut, maka
perusahaan yang mendominasi pasar monopoli bebas menentukan harganya sendiri
dan seringkali harga yang di tetapkan tersebut tinggi.
C.
FAKTOR TIMBULNYA PASAR MONOPOLI
Terdapat tiga faktor yang dapat menyebabkan wujudnya
pasar (perusahaan) monopoli. Ketiga faktor tersebut adalah:
1. Perusahaan Monopoli
Memiliki Suatu Sumber Daya yang Unik dan Tidak Dimiliki oleh Perusahaan Lain.
Salah satu sumber penting dari
adanya monopoli adalah pemilikan suatu sumber daya yang unik (istimewa) yang
tidak dimiliki oleh orang atau perusahaan lain. Perusahaan air minum di suatu
kota adalah salah satu contoh lain dari kekuasaan monopoli yang memiliki sumber
daya yang unik.
2. Perusahaan Monopoli pada Umumnya Dapat
Menikmati Skala Ekonomi (Economies of Scale) hingga ke Tingkat Produksi yang
Sangat Tinggi.
Di dalam abad ini perkembangan teknologi berlaku
sangat pesat sekali. Di berbagai kegiatan ekonomi tingkat teknologi adalah
sedemikian modernnya sehingga produksi yang efisien hanya dapat dilakukan
apabila jumlah produksinya sangat besar dan meliputi hampir seluruh produksi
yang diperlukan di dalam pasar.
Keadaan seperti ini berarti suatu perusahaan hanya
akan menikmati skala ekonomi yang maksimum apabila tingkat produksinya adalah
sangat besar jumlahnya.
Pada waktu perusahaan mencapai keadaan di mana biaya
produksi mencapai keadaan minimum, jumlah produksi adalah hampir menyamai
jumlah permintaan yang wujud dalam pasar. Dengan demikian, sebagai akibat dari
skala ekonomi yang demikian sifatnya, perusahaan dapat menurunkan harga
barangnya apabila produksi semakin tinggi. Pada tingkat produksi yang sangat
tinggi, harga adalah sedemikian rendahnya sehingga perusahaan-perusahaan baru
tidak akan sanggup bersaing dengan perusahaan yang terlebih dahulu berkembang.
Keadaan ini mewujudkan pasar monopoli.
Suatu industri yang skala ekonominya mempunyai sifat
seperti yang diterangkan di atas adalah perusahaan yang dikatakan merupakan
monopoli alamiah atau
natural monopoly . Monopoli alamiah pada umumnya
dijumpai dalam perusahaan jasa umum (utilities) seperti perusahaan listrik,
perusahaan air minum, perusahaan telepon, dan prusahaan amgkutan kereta api.
3. Monopoli Wujud dan Berkembang
Melalui Undang-undang yaitu Pemerintah Memberi Hak Monopoli Kepada Perusahaan
Tersebut
ditetapkannya Undang-undang
(Monopoli Undang-undang) atas pertimbangan pemerintah, maka pemerintah dapat
memberikan hak pada sutau perusahaan Di dalam undang-undang pemerintah yang
mengatur kegiatan perusahaan-parusahaan terdapat beberapa peraturan yang akan
mewujudkan kekuasaan monopoli.
Peraturan-peraturan
yang seperti itu adalah :
1. Peraturan paten
dan hak cipta
Perkembangan ekonomi
yang pesat terutama menimbulkan oleh perkembangan teknologi. Untuk
mengembangkan teknologi kadang-kadang diperlukan waktu bertahun-tahun dan biaya
yang sangat besar. Oleh sebab itu kegiatan dan pengeluaran untuk mengembangkan
teknologi tidak akan dilakukan perusahaan apabila hasil jerih payah mereka
dengan mudah dicontoh atau dijiplak oleh perusahaan lain.
Agar usaha
mengembangkan teknologi dengan tujuan untuk menciptakan barang baru akan
memberi keuntungan kepada perusahaan, haruslah pemerintah melarang dan
menghukum kegiatan menjiplak tersebut. Hak cipta atau copy rights merupakan
bentuk lain dari hak paten yaitu merupakan suatu jaminan hukum untuk
menghindari penjiplakan.
2. Hak usaha eksklusif
Apabila skala ekonomi hanya diperoleh setelah
perusahaan itu mencapai tingkat produksi sangat tinggi, kepentingan khalayak
ramai akan dimaksimumkan apabila perusahaan diberi kesempatan untuk menikmati
skala ekonomi itu, dan pada waktu yang sama diharuskan menjual produksinya
dengan harga rendah.
Untuk menciptakan
keadaan seperti ini secara serentak pemerintah harus menjalankan dua langkah :
1. Memberikan hak monopoli kepada suatu
perusahaan dalam suatu keadaan tertentu.
2. Menentukan harga atau tarif yang rendah ke
atas barang atau jasa yang diproduksikan. Contoh perusahaan ini adalah
perusahaan air minum, pembangkit listrik dan angkutan kereta api.
Tanpa adanya hak eksklusif untuk
berusaha sebagai perusahaan monopoli akan timbul halangan untuk menikmati skala
ekonomi secara maksimum. Sebagai akibatnya setiap perusahaan akan menetapakan
harga / tarif yang tinggi ke atas barang / jasa yang dihasilkannya. Untuk
menghindari agar perusahaanh tidak mengambil tindakan yang seperti itu
pemerintah, di samping memberikan hak monopoli akan menetapkan harga / tarif
penjualan dari barang / jasa yang disediakan perusahaan tersebut.
D. MACAM-MACAM
MONOPOLI
1. Monopoli by law
Monopoli oleh Negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2. Monopoli by nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alami karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
Monopoli oleh Negara untuk cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2. Monopoli by nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alami karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
F. KEBIJAKAN
PEMERINTAH ANTI MONOPOLI
Kebijakan
pemerintah yang diberlakukan untuk mengatasi anti monopoli, diantaranya:
1. Membatasi ruang gerak monopolis
dengan adanya campur tangan pemerintah dan penentuan harga maupun produksi.
2. Melakukan regulasi ekonomi
terhadap monopoli bila kemunculannya tidak dapat dihindari lagi.
3. Kebijakan anti-trust yang
berupaya mencegah monopolisasi atau penyalahgunaan antikompetitif, dengan
mendirikan perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis.
4. Pengenaan pajak
5. Selain itu masalah larangan
monopoli yang diatur dalam pasal 7 UU No. 5/1984 tentang perindustrian, dalam
pasal tersebut pada intinya memberikan instruksi kepada pemerintah untuk:
1. Mewujudkan perkembangan industri yang lebih
baik, secara sehat dan berhasil guna
2. Mengembangkan persaingan yang baik dan sehat
serta mencegah persaingan yang tidak jujur.
3. Mencegah pemusatan atau penguasaan industri
oleh satu kelompok atau perorangan dalam bentuk monopoli yang merugikan
masyarakat.
Di dalam UU Antimonopoli ada ketentuan yang
menggunakan kata-kata “dilarang” tetapi tidak otomatis dijatuhi hukuman, karena
ada perbuatan melawan hukum yang dilakukan pelaku usaha yang bersifat rule of
reason . Artinya, perlu penelitian lebih jauh apakah tindakan pelaku usaha
tertentu dapat mengakibatkan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak
sehat pada pasar yang bersangkutan. Contoh: perusahaan A dan B melakukan
merjer, dengan tujuan meningkatkan kemampuan perusahaan berupa kemampuan
keuangan, meningkatkan pangsa pasar maupun meningkatkan sinergi dan
meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Perusahaan hasil merjer ini tidak dapat
dilarang, jika perusahaan hasil merjer tidak mengakibatkan praktek monopoli
atau persaingan usaha tidak sehat pada pasar yang bersangkutan.
E.
KELEMAHAN DAN KELEBIHAN PASAR MONOPOLI
Kelemahan-kelemahan yang dapat
ditimbulkan oleh pasar monopoli
1. Perusahaan yang
menguasai pasar monopoli akan memperoleh keuntungan besar karena dapat memasang
harga tinggi tanpa takut kehilangan pembeli. Hal ini dikarenakan perusahaan
tersebut merupakan pemain satu-satunya sehingga menimbulkan ketidak-adilan bagi
perusahaan lain yang tidak bisa bersaing di dalamnya. Hal ini juga dapat
merugikan bagi konsumen karena konsumen tidak mempunyai banyak pilihan produk
dengan harga variatif karena hanya satu perusahaan yang menyediakan produk
tersebut.
Sebagai contoh, listrik di Indonesia dikelola oleh
PLN. Masyarakat tidak mengetahui apakah Tarif dasar Listrik (TDL) sesungguhnya
sesuai dengan harga pasar atau lebih tinggi dari harga pasar karena tidak ada
perusahaan pesaing yang menyediakan produk yang sama.
2. Jumlah penawaran suatu produk ditentukan
sepenuhnya oleh perusahaan yang bermain di pasar monopoli, sehingga
sewaktu-waktu penawaran atas produk tersebut seimbang dengan permintaan pasar,
dan bisa saja sewaktu-waktu penawaran juga dapat berkurang di bawah permintaan
konsumen sehingga menimbulkan kelangkaan. Contoh seperti ini sering terjadi
pada pertamina saat pasokan bahan bakar minyak bersubsidi terganggu, maka
terjadi kelangkaan dan pembeli tidak dapat mencari produk yang sama di
perusahaan lain. Kelangkaan akibat tingginya permintaan ini akhirnya
menyebabkan harga produk yang tersisa di pasaran menjadi meningkat diatas harga
pasar saat kondisi normal.
3. Perusahaan monopolis dapat mengeksploitasi
sumber daya produksi secara besar-besaran karena mereka sendiri yang memiliki
hak untuk menggunakan sumber daya tersebut untuk menghasilkan produk yang
dijual. Sebagai contoh Freeport merupakan perusahaan pertambangan emas miliki
Amerika Serikat dan terbesar di Indonesia. Seluruh tambang emas yang ada di
Papua di eksploitasi secara besar-besaran oleh Freeport tanpa ada gangguan dari
perusahaan lain karena sudah mempunyai izin resmi pertambangan dari pemerintah
Indonesia.
4. Menghambat pertumbuhan ekonomi. Hal ini
disebabkan karena ketiadaan kompetisi antar perusahaan menyebabkan pemilik
perusahaan yang bermain di pasar monopoli tidak perlu bersusah payah menurunkan
biaya produksi, mengembangkan inovasi atas produknya atau meningkatkan kualitas
layanan sehingga pertumbuhan ekonomi tidak berjalan secara maksimal.
Kelebihan
pasar monopoli
1. Terjadi kestabilan ekonomi. Pada kondisi
tertentu, pemilik perusahaan monopolis dapat menstabilkan ekonomi dengan
memonitoring pasar. Seperti yang dilakukan perusahaan De Beer sebagai pelaku
utama pasar berlian. Perusahaan ini memonitor pasar berlian dengan cara
mencegah penurunan nilai asset konsumen dan membantu kestabilan pembangunan
usaha konsumennya.
2. Jika pasar monopoli dikuasai oleh perusahaan
negara, maka pemerintah dapat lebih mudah melakukan kontrol terhadap
kepentingan masyarakat.
F. KETIADAAN KURVA PENAWARAN DALAM
MONOPOLI
Didalam perusahaan monopoli atau perusahaan besar
lainnya yang kurva permintaan keatas hasil produksinya, bersifat menurun dari
atas ke kanan bawah, kurva penwarannya tidak dapat ditunjukkan karena tidak
terdapat sifat hubungan yang tepat diantara harga dan jumlah yang
ditawarkan/produksi oleh perusahaan tersebut
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pasar
monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan
perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang
sangat dekat. Atau bisa disebut suatu pelaku usaha atau penjual yang menjadi
pusat kekuatan ekonomi yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau
pemasaran atas barang dan jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha
tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum. Dan juga telah ada
larangan monopoli pada Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1999
Tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan dan persaingan usaha yang
tidak sehat serta merugikan orang banyak.
Selepas
dari larangan dari monopoli ada juga monopoli yang tidak dilarang yaitu,
Monopoli by Law & Monopoli by License, meskipun begitu nyatanya ini juga
kurang efektif dan bertentangan dengan teori ekonomi klasik dan hukum syariat
islam.
B. KRITIK DAN SARAN
Dengan
terselesainya makalah ini semoga bermanfaat bagi teman-teman yang mau
mempelajarinya dan dalam pembuatan makalah ini banyak terdapat kesalahan maupun
kekurangnya mohon kritik dan saran untuk kemudian hari lebih membangun lagi.
Daftar
Pustaka
According to Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh on average 19 kilos lighter than us.
BalasHapus(Just so you know, it has totally NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING about "HOW" they are eating.)
BTW, What I said is "HOW", not "what"...
Click this link to reveal if this easy questionnaire can help you unlock your real weight loss potential