TUGAS
BELAJAR dan PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu: Yusrianto Sholeh, M.Pd




Disusun oleh:
FARIHAH
1622211073
EKONOMI IIIA

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN
PGRI BANGKALAN
PROGRAM STUDI EKONOMI
TAHUN AKADEMIK 2017




Pertemuan 1: Kamis, 28 September 2017
KOSONG GAK ADA YANG NGISI

Pertemuan 2: Kamis, 05 Oktober 2017
Bapak gak masuk, Cuma ngasih tugas
TUGAS INDIVIDU
1. Jelaskan beberapa perubahan pendidikan yang anda alami saat ini!
2. Jelaskan menurut anda mengapa pendidikan dan pembelajaran dikatakan sebagai pilar pendidikan?
Jawab
1. Perubahan pendidikan yang saya alami adakah cara mengerjakan atau membuat tugas. Jika dibandingkan dengan masa dulu cara mengerjakan tugas sangat berbeda. Kalau dulu lebih pergi ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas, sekarang sangat berbeda yaitu tinggal cari di internet, salin, cetak, selesai.
Sebenarnya hal seperti sangat disayangkan karena selengkap apaun materi di internet, buku harus menjadi acuan utama untuk mengerjakan tugas.
2. Menurut saya, kenapa pendidikan dan pembelajaran dikatakan sebagai pilar pendidikan yaitu karena dengan adanya pendidikan kita bisa belajar untuk menguasai suatu ilmu (bukan hanya tau), setelah menguasai kita juga belajar menerapkan (dengan kata lain dengan menerapka berarti kita memberikan atau memberi makna bagi kehidupan), kemudian setelah kita mampu menerapkan suatu ilmu maka kita juga bisa belajar untuk dapat hidup bersama (belajar memehami dan menghargai orang lain) dan yang terakhir yaoti kita juga bisa belajar untuk menjadi, dengan kata lain siswa juga harus mampu menciptakan rasa percaya diri yang tinggi. Salah satu cara yang di pakai agar agar pilar-pilar pendidkan berjalan dengan yang kita mau adalah dengan pembelajaran, karena pembelajaran merupakan upaya yang sistematik untuk menciptakan kegiatan edukatif antar dua pihak yaitu guru dan peserta didik. Inilah sebabnya kenapa pendidikan dan pembelajran menjadi ppilar pendidikan.


Pertemuan 3: Kamis, 12 Oktober 2017
RESUME
Pendidikan Antisipasi dan Inovasi
Tiga era termukhtahir
1. Era industry
2. Era informasi
3. Era kontekstual
Lima hal yang kita butuhkan agar sukses yaitu
1. Karakter yaitu meliputi jujur & bermoral, etos kerja tinggi, disiplin, bertanggung jawab, menghormati tegaknya hukum dan bersikap demokratis
2. Kreatif, untuk menciptakan kreatifitas syaratnya dengan tidak takut salah
3. Kompetensi
4. Komunikasi dan
5. Kepercayaan diri.
Perubahan Pendidikan
1. Fundamental (mendasar)
2. Revolusioner (menghindaki perubahan)

TUGAS INDIVIDU
1. Apa itu kehidupan eksponensial?
Jawab
1. Menurut saya, kehidupan eksponensial adalah kehidupan dimana kita hidup di pada masa revolusi industry serta berbeagai macam sertor kehidupan mulai dikuasai oleh perangkat lunak dan teknologi. Mulai dari sector yang menyangkut kehidupan primer hingga merambah ke tersier.






Pertemuan 4: Kamis, 19 Oktober 2017
Bapak gak masuk di ganti minggu depan


Pertemuan 5: Kamis, 26 Oktober 2017 (dua materi digabung dengan minggu lalu yang kosong pada tanggal 19 Oktober 2017)
RESUME
STANDAR KOPETENSI
Belajar merupakan aktivitas kearah perubahan tingkahlaku melalui interaksi aktif individu terhadap lingkungan (pengalaman).
Ciri – ciri belajar
1. Dari segi proses
a. adanya aktivitas ( fisik, mental, emosional )
b. melibatkan unsur lingkungan
c. bertujuan kearah terjadinya  perubahan  tingkah laku  (behavioral changes)
2. Dari segi hasil
a. bersifat relatif tetap
b. diperoleh melalui usaha
Perlunya akan belajar
1. Potensi manusia bersifat laten dan terbuka
2. Pertumbuhan dan perkembangan manusia lebih banyak terjadi
secara non instingtif/alamiah
Pembelajaran adalah penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar pada diri siswa.
Ciri – ciri Pembelajaran
1. Adanya unsur guru
2. Adanya unsur siswa
3. Adanya aktivitas guru dan siswa
4. Adanya interaksi antar guru – siswa
5. Bertujuan kearah perubahan tingkah laku siswa
6. Proses dan hasilnya terencana/terprogram
Perlunya Pembelajaran
1. Peristiwa belajar tidak selalu terjadi atas inisiatif  diri individu
2. Individu memerlukan bantuan untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya
3. Perlunya lingkungan yang kondusif guna mencapai perkembangan individu secara optimal
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar-pembelajaran
1. Guru 2. Siswa
3. tujuan 4. Materi
5. Instrumental 6. Lingkungan
1. Faktor guru
a. Kondisi fisik (kondisi kesehatan fisik secara umum dan kondisi fungsi inderawi)
b.  Kondisi psikis (suasana kejiwaan dan kompetensi paedagogis, kepribadian, sosial, professional)
2. factor siswa
a. Kondisi Fisik (kondisi kesehatan fisik secara umum dan kondisi fungsi inderawi)
b. Kondisi Psikis (bakat, minat, kemampuan dan motivasi, situasi kejiwaan.
3. Factor tujuan (Kejelasan, Urgensi, Tingkat kesulitan, Kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa)
4. Factor materi (Kejelasan, Kemenarikan, Sistematika, Jenis materi)
5. Factor instrumental (Kelengkapan, Kuantitas, Kualitas, Kesesuaian)
6. Factor lingkungan (Lingkungan fisik(suhu), lingkungan sosial (manusia dan prestasi)






TUGAS KELOMPOK
1. Bentuk kelompok dengan anggota 4 orang (bebas), amati interaksi manusia di pasar Ki Lemah Duwur di pagi hari (04.00-06.00 WIB). Cari 10 aktivitas terpadat (jual-beli), mengapa mereka melakukan hal tersebut di lokasi terpadat?
2. Documentasikan berupa foto/video aktivitas anda!
Jawab
1. Menurut kesimpulan yang saya tangkap ketika para penjual dipasar ditanya kenapa memilih lokasi terpadat rata-rata jawabannya sama yaitu karena lokasi tersebut mudah dilalui atau dilewati para pembeli, sehinnga ketika pembeli lewat dan tertarik pada barang yang dijual ibu-ibu dipasar dia akan memilih membelinya di tempat itu dari pada harus muter-muter lagi di pasar. Hal seperti itu bisa membuat ibu-ibu yang berjualan di pasar meraup untung yang lebuh besar lagi.
2.


 


Pertemuan 6: Kamis 2 November 2017
RESUME
TUJUAN BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Tujuan belajar dan pembelajaran merupakan  perilaku yang diharapkan dapat dicapai siswa sehubungan dengan aktivitas belajar –pembelajaran dilakukan. Penetapan dan perumusan tujuan belajar dan pembelajaran sangat penting, karena  sebagai dasar dalam :
1. Menyusun alat/instrumen evaluasi
2. Menentukan materi yang diperlukan
3. Memilih dan menentukan sarana (alat pelajaran, alat peraga, media) yang diperlukan
4. Memilih dan menetukan metode belajar dan pembelajaran yang diperlukan.
Jenis-jenis perilaku yang menjadi dasar dalam penentuan dan perumusan tujuan belajar-pembelajaran meliputi:
1. Perilaku ranah kognitif (Jenis perilaku yang berkaitan dengan kemampuan mengingat dan berfikir (memecahkan masalah)
2. Perilaku ranah afektif (Jenis perilaku yang berkaitan dg nilai, norma, sikap, perasaan, kemauan)
3. Perilaku ranah psikomotor (merupakan perilaku yang menyangkut aspek ketrampilan/gerakan)
TUGAS INDIVIDU
Buatlah 3 contoh kegiatan yang dilakukan secara Afektif, psikomotorik & kognitif. Amati obyek di sekitar anda!
Jawab
3 contoh kegiatan afektif
a. Mengikuti pengajian dan berbaur kepada masyarakat
b. Melakukan intropeksi diri
c. Bersikap jujur dan berinteraksi dengan orang lain



3 contoh kegiatan psikomotorik
a. Seorang anak bisa bermain bola seperti pemain bola sebenarnya karena pernah melihat pertandingan sepak bola.
b. Pendidikan TNI yang mengharusnkan punya badan kuat dan bersikap disiplin
c. Menerapkan sikap disiplin di Sekolah
3 contoh kegiatan kognitif
a. Metode hafalan di Pondok Pesantren
b. Mengharuskan peserta didik menguasai semua materi
c. Peserta didik dapat menulis/menjabarkan kembali materi yang telah diberikan oleh guru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA DARI PEDOMAN UMUM EJAAN BAHASA INDONESIA

MAKALAH PERKEMBANGAN TEORI MENEJEMEN

MAKALAH KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK